Sumber Beceng, Kolam Sumber air Belerang Sumenep | Kunjung Jatim wisata

Sumber Beceng, Sumber air Belerang Di Percaya untuk obat gatal kulit di Kaduara timur Sumenep





Kunjung Jatim - Terapi alam ini ada di Desa Keduara Timur, ujung paling Barat Kabupaten Sumenep, Madura. Menawarkan fungsi ganda, wisata pemandian dan terapi kesehatan karena kandungan belerang yang ada di sumber mata air ini. Sejumlah sumber menyebut, belerang berfungsi sebagai pencegah dan oenyembuh beragam penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, eczema.
Nah, warga sekitar menyebutnya sumber aeng beceng atau sumber air bau kurang sedap. Bau kurang sedap tersebut berasal dari kandungan belerang yang ada di air. Wisata ini memiliki dua sumber mata air yang dibagi untuk pemandian laki-laki dan perempuan. Pemandian peninggalan masa penjajahan Belanda itu masih menyisakan bentuk dan arsitektur khas kolonial.

Secara geografis wisata ini berada di 18 km arah timur dari pusat Kota Pamekasan yaitu di Desa Kaduara Timur, terletak pas ditepi jalan penghubung utama Pamekasan-Sumenep, Madura. Akses yang mudah dan posisi strategis menjadikan wisata ini mudah untuk diakses. Papan nama di kanan jalan menjadi penunjuk utama wisata. Jalan tangga menurun menjadi penyambut di pintu masuk wisata, radius 200 m sebelum pintu masuk aroma belerang sudah bisa dinikmati pengunjung, sungguh luar biasa.



Menikmati wisata pemandian penuh khasiat ini pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratisRatusan baju nyangkut di pohon ini, bukan jatuh dari langit. Melainkan baju yang di buang oleh orang,ketika selesai mandi di sumber Aeng Bheceng. Para pengunjung yang mandi di sumber tersebut, percaya, bahwa setelah baju yang digunakan saat mandi dibuang ke atas pohon, penyakit gatal – gatal mereka akan sembuh.
Sumber air hangat itu sendiri sudah ada sejak dahulu kala, bahkan sebagian masyarakat setempat meyakini,bahwa sumber tersebut adalah tempat potre koneng mandi, saat menderita penyakit kulit.

Saat melintas di jalan, aroma kolam memang terasa kurang sedap.akan tetapi ketika sampai di bibir kolam, aroma tersebut dengan sendirinya akan hilang.Pengunjung kolam belerang ini beragam.
Mulai balita hingga dewasa. Dan karena masih alami, tidak ada tiket masuk untuk bisa mandi, berenang, apalagi cuma sekedar melihat-lihat alam sekitarnya.Salah seorang warga,yang datang dengan membawa sang anak yang terkena penyakit gatal – gatal, langsung memandikannya, serta membuang baju sang anak ke atas pohon.

Ia berharap penyakit gatal – gatal anaknya bisa segera sembuh.Sebagian warga yang masih yakin bahwa kolam tersebut peninggalan potre koneng, saat mandi di kolam tersebut, mereka melantunkan kidung,yang berisi cerita tentang potre koneng.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Beceng, Kolam Sumber air Belerang Sumenep | Kunjung Jatim wisata"

Post a Comment