Goa Kuning Kangean Sumenep | Kunjung Jatim Wisata



Goa Kuning Kangean-Memang benar sih, rata-rata yang namanya Gua pasti akan langsung memunculkan persepsi berupa tempat yang sudah pasti seram, gelap, dan penuh dengan binatang-binatang yang tidak biasa, seperti kelelawar salah satunya, dan paling-paling pengunjungnya kebanyakan hanya sebuah kelompok orang-orang pecinta gua saja.
Namun, tidak semua gua seperti itu lho, Gua atau Goa Kuning Kangean ini salah satunya, meski punya cerita yang berhubungan dengan hal gaib, namun Goa Kuning Kangean ini tetap saja sering di kunjungi wisatawan pecinta alam.
Lokasi dan Transportasi
Goa Kuning Kangean ini berada di daerah perbukitan, di bagian utara Pulau Kangean, Jarak antara Goa Kuning Kangean dan pusat kota Arjasa ini juga sangat dekat, anda hanya perlu pergi ke arah utara sejauh 2 kilometer, tidak jauh dari jalan raya anda sudah bisa melihat lokasi Goa Kuning Kangean tersebut.
Bagi anda yang berdomisili di luar Madura, maka sebelumnya anda bisa menyebrang dengan menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga ke Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura. Tarif untuk naik kapal feri ini juga masih relatif murah lho.
Untuk tiket penumpangnya saja hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000*) per orangnya, untuk kendaraan motor akan dikenakan tarif sekitar Rp 6.000*), dan kendaraan mobil pribadi akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000*), lain halnya jika anda datang bersama rombongan dengan menggunakan bus, maka tarifnya akan dikenakan sekitar Rp 50.000*).
Setelah sampai di Bangkalan Madura, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus untuk bisa sampai ke kota Sumenep, begitu anda sampai di kota Sumenep, maka untuk lanjut ke Pulau Kangean, maka anda bisa menggunakan Jalur Laut dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep hingga ke Pelabuhan Kangean di Pulau Kangean Besar.
Jenis Transportasinya juga ada 2 macam, yang pertama adalah dengan menggunakan menggunakkan kapal ferry, dan anda harus membayar sekitar Rp 60.000*) per orang, waktu tempuhnnya kurang lebih sekitar 10 hingga 12 jam untuk bisa sampai di Pulau Kangean, dan yang kedua adalah dengan menggunakan kapal cepat, tarif yang di kenakan juga otmatis lebih mahal, kurang lebih sekitar Rp 150.000*) per orang untuk sekali jalan dan Rp 280.000*) per orang untuk pulang-pergi.
Namun sayangnya, kapal ini hanya ada pada hari-hari tertentu yakni pada hari senin, kamis dan sabtu dari pelabuhan Kalianget, sedangkan dari Pelabuhan Kangean tersedia pada hari selasa, jum’at dan minggu.
Wisata
Pulau kangean mungkin memang lebih terkenal dengan wisata pantai dan wisata bawah lautnya, namun siapa sangka kalau masih banyak tempat-tempat wisata darat yang juga tak kalah menariknya untuk di kunjungi, hanya saja memang promosi akan tempat wisata yang seperti ini kurang baik, padahal kalau di kelola dengan baik mungkin bisa menjadi asset wisata yang lumayan menarik.
Goa Kuning Kangean ini sering kali di datangi oleh pengunjung yang rata-rata masih muda, biasanya mereka adalah sekelompok organisasi pecinta alam, ada juga yang datang hanya karena sekalian lewat dan mampir untuk sekedar melihat-lihat atau rekreasi serta berfoto di wilayah sekitar goa yang memiliki spot-spot unik untuk di jadikan sebagai latar belakang foto.
Di dalam Goa Kuning Kangean ini anda bisa melihat beragam stalaktit dan stalagmit yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil, bentuknya juga banyak yang unik, dan ada yang membentuk seperti sebuah penjara namun jarak antara pilarnya tidak rapat sehingga bisa dimasuki, anda harus berhati-hati jika masuk ke dalam goa ini, karena ada sebagian rutenya yang berupa turunan, dan ada juga beberapa lubang yang meski tidak besar namun di pastikan cukup dalam.
Dulu, banyak rumor yang beredar bahwa Goa Kuning Kangean ini merupakan sebuah tempat sakral, dimana Putri Koening, ibu dari Joko Tole yang merupakan Raja di kabupeten Sumenep bersemedi, sehingga sempat ada beberapa pengunjung yang datang ke goa ini untuk berdoa, namun setelah cerita tersebut di telusuri ternyata tempat Putri Koening bersemedi yang sebenarnya adalah disalah satu goa yang ada di Bukit Geger.
Tips 1. Jika anda ingin berkunjung ke lokasi Goa Kuning Kangean ini, lebih baik jika anda menggunakan kendaraan sendiri, atau kalau mau anda bisa menyewa kendaraan saja, dari pada naik kendaraan umum, tentu hal ini dapat merepotkan anda, apalagi jika anda berencana untuk mengelilingi tempat-tempat objek wisata lainnya yang ada di Pulau kangean ini.
2. Sebaiknya, anda menyusuri Goa Kuning Kangean ini bersama-sama, bisa dengan teman-teman anda, dan bisa juga dengan keluarga anda, asal jangan sendirian saja karena rute Goa Kuning Kangean ini temasuk rumit karena berliku-liku, dan kalau salah jalan bisa berbahaya anda bisa saja tersesat atau terpeleset ke dalam lubang, apalagi kalau anda belum pernah memasuki gua sebelumnya.
3. Sebisa mungkin membawa banyak penerang jalan, dan kalau membawa lampu senter, sebaiknya bawa yang tahan air, juga sebaiknya anda memakai jam tangan yang tahan air, kan bisa saja terkena tetesan air, karena gua sarang ini hanya memakai penerang biasa (lampu obor), jadi persiapkan senter cadangan untuk berjaga-jaga, siapa tau apinya mati karena hembusan angin kencang yang menyeruak masuk kedalam atau bahkan dari dalam goa itu sendiri.
4. Pulau Kangean ini sudah luamayan maju, jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan dimana anda harus menginap, anda bisa menginap di desa setempat, atau bahkan anda boleh berkemah di sekitar pantai, dengan begitu andapun sudah bisa berhemat.
5. Jika anda naik bus dari kota Surabaya melalui jalur darat, sebaiknya anda berangakat tengah malam dari Terminal Bungurasih sehingga pada pagi hari anda bisa tiba di Pelabuhan Kalianget, dengan vegitu anda akan dengan mudah menemukan kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Kangean.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Goa Kuning Kangean Sumenep | Kunjung Jatim Wisata"

Post a Comment