Megahnya Keraton Sumenep | Kunjung Madura Jawa timur


Indonesia terdiri dari beragam suku, tidak heran jika wisata budaya banyak tersebar di berbagai penjuru nusantara. Salah satunya adalah wisata museum. Jika Anda menyeberang ke Pulau Madura, jangan lewatkan untuk menengok beragam peninggalan sejarah di Keraton dan Museum Keraton Sumenep.
Keraton Sumenep dikenal pula dengan nama Karaton Pajagalan. Keraton yang dibangun pada tahun 1762 ini merupakan satu-satunya keraton yang ada di Jawa Timur. Keraton Sumenep merupakan kerajaan kecil yang setingkat dengan kadipaten. Karena itulah jika dibandingkan dengan Keraton Jogja, Keraton Sumenep terlihat lebih kecil. Keraton Sumenep terdiri dari 3 buah bangunan, yakni induk keraton, taman sare dan museum.
Keraton Sumenep
Keraton Sumenep www.famelita.com
Museum Keraton Sumenep berada di belakang Keraton Sumenep.  Di museum yang dibuka sejak pukul 08.00 ini Anda dapat menikmati peninggalan bersejarah dari Raja hingga bangsawan dari daerah Sumenep. Benda bersejarah yang cukup mendapat perhatian lebih dari wisatawan adalah Al-Qur’an raksasa yang berukuran 4×3 meter. Al-Qur’an seberat 500 kg tersebut ditulis oleh seorang wanita bernama Yanti pada tahun 2005 yang lalu.
Selain itu, terdapat pula kereta kencana kerajaan Sumenep dan kereta kuda pemberian ratu Inggris. Hingga saat ini, kereta kerajaan masih digunakan saat pelaksanaan upacara hari jadi kota Sumenep. Jadi jika Anda tidak sempat datang, Anda dapat melihat kereta fenomenal tersebut di Museum Keraton Suumenep ini. Selain itu terdapat pula beragam benda bersejarah milik keluarga Kerajaan Sumenep, mulai dari pakaiaan kebesaran raja hingga senjata kuno dan peralatan makan serta mitoni.
Selain itu terdapat pula taman sare atau taman sari yang tidak lain merupakan pemandian puteri raja. Hingga kini, kompleks taman sare merupakan salah satu spot yang banyak dicari wisatawan. Pasalnya berkunjung ke sini memiliki beragam daya tarik, mulai dari rasa penasaran akan kehidupan jaman dahulu hingga kepercayaan saat melewati pintu taman sare.
Keraton Sumenep
Keraton Sumenep www.famelita.com
Di taman ini terdapat tiga pintu masuk, dimana masing-masing pintu dipercaya memiliki beragam kelebihan. Pintu I misalnya. Pintu ini dikenal dapat membuat pengunjung yang melintasinya terlihat awet muda, serta dimudahkan dalam mendapatkan jodoh dan keturunan. Berbeda dengan pintu II yang diyakini dapat meningkatkan karir seseorang. Sedangkan pintu terakhir atau pintu ke- III diyakini dapat meningkatkan kereligiusan seseorang. Bagaimana travel lovers, tertarik membuktikannya?
Jam Operasional: setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00
Alamat: Jalan Dr Sutomo No 6, Sumenep

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Megahnya Keraton Sumenep | Kunjung Madura Jawa timur "

Post a Comment